Milan Benamkan Juventus di San Siro

Posted by Andes


AC Milan menang 3-0 atas Juventus dalam lanjutan Serie-A giornata ke-38 di San Siro, Sabtu (15/5/2010). Meski tak mengubah apa-apa, kemenangan ini tidak menyuramkan perayaan perpisahan Milan dengan pelatih Leonardo.

Bermain sebagai tuan rumah, tak sulit bagi Milan mendesak Juventus. Nyaris tanpa ancaman, mereka mampu unggul pada kesempatan pertama berkat gol Antonini pada menit ke-14. Memanfaatkan umpan Clarence Seedorf, Antonini menjebol sudut kiri atas gawang Juventus.

Milan kemudian semakin mendominasi permainan. Soliditas koordinasi lini tengah dan depan membuat Juventus tak berkutik dan tanpa kreasi serangan.

Setelah menunggu hingga menit ke-28, Milan pun menggandakan keunggulannya setelah Ronaldinho berhasil menembakkan umpan Alexandre Pato masuk ke sudut kiri bawah gawang Gianluigi Buffon.

Ketinggalan dua gol tak memberi Juventus pilihan selain menyerang. Mengandalkan kemampuan individu, Juventus merepotkan benteng Milan dan melepaskan sejumlah ancaman.

Namun, hanya tembakan Vincenzo Iaquinta pada menit ke-45 yang betul-betul membahayakan gawang Milan. Itu pun berhasil diblok oleh Dida. Kegagalan itu langsung disusul peluit turun minum dengan skor 2-0 tertera di papan skor.

Pada babak kedua, Juventus mencoba memberikan perlawanan. Sejumlah peluang pun tercipta dari kaki Antonio Candreva dan Fabio Grosso. Namun, sebelum usaha itu membuahkan gol, Juventus kembali kecolongan gol Milan yang dibuat Ronaldinho pada menit ke-67.

Gol itu tak lantas mengendurkan semangat Juventus. Sebaliknya, mereka malah sengaja merenggangkan pertahanan dan fokus menyerang.

Hasilnya cukup menjanjikan. Setidaknya, sampai menit ke-80, mereka berhasil menekan Milan dan menciptakan sejumlah peluang gol. Sayang, buruknya eksekusi akhir, plus performa prima Dida, membuat usaha Juventus tak membuahkan apa pun selain kekalahan 0-3 saat peluit berbunyi panjang.

Sepanjang 90 menit, Milan membukukan penguasaan bola sebesar 60 persen dan menciptakan lima peluang emas dari sebelas percobaan. Sementara itu, Juventus melepaskan lima tembakan akurat dari 20 usaha.

0 komentar:

Posting Komentar